Surabaya, CNN Indonesia

DPD PDI-Perjuangan (PDIP) Jawa Timur mengaku bakal realistis dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Pilkada 2024. Partai banteng tengah menjajaki pendekatan dengan Khofifah Indar Parawansa.

“Kalau terkait pilgub Jawa Timur kami akan realistis,” kata Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah, di Surabaya, Minggu (31/3).

Said menyatakan, partainya sudah berkomunikasi dengan beberapa partai lain terkait peluang koalisi di Pilgub Jatim 2024. Antara lain, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra Jatim.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami sudah berbicara dengan kawan-kawan parpol Gerindra, PAN, jadi total dua partai,” jelasnya.

Said mengaku telah bertemu dengan Khofifah di suatu tempat. Pertemuan itu secara khusus membahas Pilkada Jatim 2024.

“Kami juga sudah bertemu berdua dengan Mbakyu Khofifah Indar Parawansa di suatu tempat. Kami saling berbagi, sharing information bagaimana Jatim ke depan dan bagaimana positioning Mbakyu Khofifah ke depan,” ujarnya.

“Karena kami [PDIP] jujur saja punya respek besar ke Mbakyu Khofifah dan bagaimana Mbakyu Khofifah memandang kami. Jadi tingkatannya pada itu,” lanjutnya.

Namun ditanya soal apakah PDIP sudah pasti akan mengusung Khofifah di Pilgub Jatim 2024, politikus asal Madura ini pun mengatakan hal itu belum tentu. Sebab saat ini mereka masih menjalani penjajakan.

“Kita tidak bicara peluang, baru penjajakan sejauh mana pandangan Mbakyu Khofifah ke PDIP begitupun sebaliknya,” katanya.

Di sisi lain, Said mengatakan PDIP juga sedang mempersiapkan banyak kader banteng yang akan maju di kontestasi di Pilkada Jatim 2024). Namun dia enggan mengungkap siapa nama-namanya.

“Terlalu banyak kader kami,” ujarnya.

Selama tiga periode terakhir (2003-20018) PDIP tak pernah berhasil di Pilkada Jatim. Calon yang mereka usung selalu tumbang.

Terakhir pada Pilkada 2018, pasangan yang mereka usung yakni Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno, dikalahkan Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak yang diusung koalisi Demokrat, PPP, Nasdem, Golkar, PAN dan Hanura.

Sementara itu, Khofifah kini sudah mengantongi rekomendasi dari Demokrat, PAN, Gerindra dan Golkar untuk maju kembali sebagai calon gubernur di Pilkada 2024.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *