Jakarta, CNN Indonesia

Kepolisian menyiapkan skema buka tutup di rest area KM 57 Tol Jakarta Cikampek (Japek) apabila sudah terjadi kepadatan atau tak lagi bisa menampung kendaraan para pemudik.

Wakapolda Jawa Barat Brigjen Bariza Sulfi mengatakan rest area KM 57 Tol Japek ini menjadi salah satu lokasi yang patut diantisipasi selama arus mudik Lebaran 2024.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rest area 57 ini merupakan tempat peristirahatan pertama setelah turun dari jalur MBZ, sehingga banyak masyarakat yang berkeinginan untuk melepas lelah atau keperluan-keperluan lain,” kata Bariza di Rest Area KM 57, Kamis (4/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diketahui, rest area KM 57 ini setidaknya bisa menampung sekitar 700 kendaraan. Karenanya, kata Bariza, pihaknya bakal melakukan skema buka tutup jika rest area KM 57 sudah tak lagi bisa menampung kendaraan pemudik.

“Bapak Dirlantas dan Kapolres akan memberlakukan buka tutup di rest area apabila itu dilakukan kami mohon kepada pemudik bisa mematuhi dan cari solusi lain,” ujarnya.

Disampaikan Bariza, jika rest area KM 57 ditutup, maka pemudik akan langsung diarahkan untuk menuju ke rest area berikutnya yang ada di KM 86 dan KM 102.

“(Atau) kami sarankan pemudik untuk cari gate tol terdekat sehingga tdak menganggu arus lalu lintas, utamanya keselamatan bagi pemudik jangan memaksakan diri berisitahat atau berhenti di bahu jalan,” ucap dia.

Bariza juga menyebut pihaknya bakal menerjunkan personel untuk berpatroli dan memberikan imbauan kepada para pemudik agar tidak terlalu lama beristirahat di rest area. Patroli itu, lanjutnya, akan dilakukan selama 15 menit sekali.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Karawang AKP Lucky Martono memprediksi peningkatan jumlah pemudik di rest area KM 57 akan terjadi pada Jumat (5/4) besok. Ini berbarengan dengan mulai diberlakukannya skema contraflow dan one way oleh Korlantas Polri.

“Kemungkinan besok karena besok sudah mulai dilakukan cara bertindak contraflow dan di Tol Cipali sudah one way, otomatis sudah diperikarakan mulai banyak,” ujarnya.

Selain itu, Lucky menyebut kepadatan di rest area KM 57 juga biasanya terjadi di waktu jelang buka puasa dan sahur.

“Seperti kemarin juga walaupun di jalur (tol) masih landai, namun saat menjelang buka dan sahur otomatis terjadi peningkatan di rest area,” kata dia.

Selain patroli, kata Lucky, pihaknya juga akan menempatkan personel di setiap tikungan rest area KM 57 untuk membantu kelancaran arus kendaraan.

“Kita sudah melakukan cara bertindak taruh petugas di setiap tikungan untuk membantu petugas dari rest area mengarahkan supaya tidak terjadi penumpukan di satu tempat parkir supaya terisi sampai ujung-ujung,” tuturnya.

(dis/ugo)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *