Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Pemudik via jalur darat bakal kena sejumlah rekayasa lalu lintas hari ini, Senin (8/4), termasuk ganjil genap (gage), contra flow dan one way. Simak rinciannya.

Sebelumnya, penerapan ganjil genap berakhir di Minggu (7/4). Namun, rekayasa ini diperpanjang hingga hari ini.

“Gage terus ya, terus. Ini juga salah satu yang mungkin mengakibatkan ini (volume kendaraan yang melintas) flat, karena masyarakat banyak yang mengikuti sesuai dengan jadwal gagenya,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Aan Suhanan di Command Center KM 29 Tol Japek, Minggu (7/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain ganjil genap, rekayasa lalu lintas berupa one way juga diperpanjang hingga hari ini. Awalnya, one way diterapkan hanya sampai Minggu. Hal itu dilakukan setelah melihat data di lapangan dan evaluasi.

“Yang semula dijadwalkan tanggal 7 April 2024 ini kita jadwalkan pukul 24.00 untuk rekayasa lalu lintas one way dan seterusnya dihentikan, namun mengingat data-data tadi untuk kegiatan rekayasa lalu lintas menuju ke timur ini kita akan teruskan, lanjutkan, sampai dengan nanti kita evaluasi besok kita evaluasi,” kata Aan.

Rekayasa lalu lintas itu berdasarkan Surat Keputusan Bersama Dirjen Perhubungan Darat, Kakorlantas Polri, dan Dirjen Bina Marga pada 5 Maret 2024 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 H.

Berikut agenda rekayasa lalu lintas pada Senin (8/4):

One Way

KM 72 (Cikampek)-KM 414 (GT Kalikangkung)

pukul 08.00-24.00 WIB

Contraflow

KM 36 (Japek)-KM 72 (Cikampek)

Ganjil genap

KM 0 (dalam kota)-KM 414 (GT Kalikangkung)

pukul 08.00-24.00 WIB

Mengutip dari unggahan akun X PT Jasamarga, jadwal pelaksanaan rekayasa lalu lintas dapat berubah secara situasional melihat kondisi lalu lintas di lapangan dan mengikuti diskresi kepolisian.

(els/arh)







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *