Jakarta, CNN Indonesia

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dua orang warga di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan (Sumsel), meninggal dunia akibat bencana banjir bandang setinggi 2,5 meter.

“Dua warga meninggal dunia,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari┬ámengutip Antara, Rabu (17/4).

Abdul mengatakan banjir bandang yang terjadi pada Selasa (16/4) pagi tersebut juga mengakibatkan sebanyak 196 orang warga lainnya terpaksa harus mengungsi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BNPB mengkonfirmasi bahwa korban jiwa dan pengungsi tersebut tercatat merupakan warga yang bermukim di 32 desa yang masing-masing berada di Kecamatan Karang Jaya, Rupit, Ulu Rawas, dan Rawas Ulu.

Untuk itu ia menyebutkan BPBD Sumsel telah melakukan penambahan dua perahu karet untuk menunjang percepatan penanganan darurat dan mengevakuasi para korban karena saat ini banjir belum surut.

Berdasarkan data terkini dari tim Pusdalops BNPB diketahui bahwa hingga Rabu pagi ini tercatat ada 2.839 rumah warga yang tergenang banjir sehingga penghuninya harus dievakuasi.

Selain itu, kata dia, banjir juga mengakibatkan kerusakan pada fasilitas umum antara lain enam jembatan penyeberangan putus, lima rumah ibadah dan 10 unit fasilitas kesehatan rusak berat.

Ia memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara telah mendirikan dapur umum yang berlokasi di Desa Suka Menang, Karang Jaya, dan juga menyalurkan sedikitnya 50 paket bantuan logistik untuk memenuhi kebutuhan makanan dan sandang bagi para korban selama masa darurat bencana.

(antara/DAL)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *