Jakarta, CNN Indonesia

Pelabuhan Merak, Banten mulai dipadati pemudik pada H-5 Lebaran atau Jumat (5/4). Antrean kendaraan pemudik mulai memenuhi area parkir dermaga eksekutif hingga dermaga reguler Pelabuhan Merak. 

Kepadatan tersebut menyebabkan antrean yang cukup panjang sejak pintu masuk dan di pintu pengecekan tiket, dermaga reguler. Kendaraan yang didominasi mobil pribadi ini tampak mengantre sejak dini hari untuk masuk ke kapal di seluruh dermaga yang disiagakan.

Pantauan CNN Indonesia, sejumlah dermaga yang terlihat dipenuhi kendaraan terjadi di dermaga 2, 3 dan 5. Kendaraan pemudik juga terlihat mengisi area parkir dermaga eksekutif.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hingga H-5 Idul Fitri, PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan 39 hingga 41 unit kapal untuk mengakomodir keberangkatan para pemudik.

Berdasarkan keterangan pengelola Pelabuhan Merak, para pemudik melakukan mudik lebih awal sebelum masa puncak arus mudik yang diprediksi akan memuncak pada H-4 hingga H-3 Lebaran 2024.

Selain pengemudi yang membawa kendaraan pribadi mobil, para penumpang yang berjalan kaki juga tampak berdatangan ke dermaga eksekutif Pelabuhan Merak dan jumlahnya terus bertambah.

Penumpang pejalan kaki tampak berjalan dari Terminal Merak yang berada di samping dermaga eksekutif. Mereka berjalan di jembatan penghubung terminal-dermaga untuk bisa naik ke kapal.

Sedangkan, para pemudik sepeda motor dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan milik PT Pelindo. Begitu juga dengan truk yang hendak menyeberang ke Sumatera dialihkan ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Pelabuhan Merak memang sudah tidak mengizinkan kendaraan beroda dua untuk menyeberang sejak dua arus mudik lebaran terakhir.

(rts/isn)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *