Jakarta, CNN Indonesia

Perjalanan berkendara dari Sukabumi ke Bogor atau sebaliknya kini membutuhkan waktu hingga enam jam karena Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengalami longsor.

Longsor itu terjadi di KM 64-600 pada Rabu (3/4), tepatnya di Tol Parangkuda arah Sukabumi. Saat ini Tol Parangkuda ditutup.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perjalanan dari Sukabumi menuju Bogor biasanya membutuhkan waktu 1,5 jam sampai 2 jam, tetapi karena Tol Parangkuda ditutup maka pengendara harus menggunakan jalur utara Sukabumi.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Fiekry Adi Perdana di Sukabumi, Sabtu (6/4), menjelaskan waktu tempuh menjadi lebih lama karena terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur utara Sukabumi yang merupakan jalur penghubung Sukabumi dan Bogor.

Pengguna Tol Bocimi kini hanya dilayani sampai keluar di Ciawi hingga Cigombong Bogor.

“Dari hasil laporan, rata-rata pemudik dari Sukabumi menuju Bogor atau sebaliknya menghabiskan waktu perjalanan mencapai enam jam. Ini terjadi sejak Tol Parungkuda longsor, kepadatan kendaraan pun sudah terjadi dari pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB,” kata Fiekry, dilansir dari Antara.

Sebagai langkah antisipasi macet panjang, kendaraan dari Bogor atau gerbang Tol Cigombong menuju Sukabumi sebagian dialihkan ke Jalur Alternatif Tenjoayu Cicurug.

Jika volume kendaraan lebih tinggi lagi, kemungkinan besar bakal dilakukan sistem one way atau satu arah dari arah timur sembari membereskan kondisi lalu lintas di sekitar Pasar Cicurug.

“Puncak mudik di Sukabumi sudah mulai terjadi. Kemungkinan selain Sabtu, puncak mudik terjadi pada Minggu (7/4), dan diprediksi kendaraan yang ke Sukabumi akan jauh lebih banyak dibandingkan yang keluar,” ujar dia.

(fea)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *